Radio DFM Dapat 2 Nominasi di Ajang Anugerah Syiar Ramadan KPI 2024

Created | By: Redaktur | 16-May-2024

Wisata Budaya Mozaik Ramadhanku Bahagia: Keindahan Masjid Demak, Karya Agung Walisongo dibawain host Hendra dan Liputan khas Ramadhanku Bahagia Radio DFM Jakarta dengan reporeter Nurul Afina masuk nominasi dari 6 kategori program radio di ajang Anugerah Syiar Ramadan (ASR) 2024.

Anugerah Syiar Ramadan 2024 terselenggara berkat kerjasama Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) bersama-sama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementerian Agama (Kemenag)

Agenda bersama yang dilakukan setiap tahun ini merupakan ajang apresiasi dan motivasi bagi karya-karya terbaik insan penyiaran dalam menyajikan program siaran khusus Ramadan. 

Penyelenggaraan bersama anugerah ramadan ini telah memasuki tahun ke 10 sejak pertama kali dihelat pada 2015. Adapun tema Anugerah Syiar Ramadan tahun ini yakni “Merajut Persatuan Melalui Siaran Ramadan yang Menyejukkan”.

Dalam pengumuman pemenang yang disiarkan live dari studio TVRI Pusat Jakarta Rabu (08/05/2024), Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), K.H Ma’ruf Amin, hadir dan memberikan sambutan.

Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan acara tersebut. Ia berharap meskipun Ramadan telah berlalu, program siaran yang sarat akan nilai dan norma terus dilanjutkan.

“Saya juga berharap bahwa siaran yang baik selama bulan Ramadan itu tidak hanya sampai di Ramadan, tapi justru lebih penting untuk sebelas bulan sesudahnya yang harus dipertahankan,” tutur Wapres.

Wapres menambahkan, hal ini tentunya didasarkan atas dorongan memperbaiki diri untuk istikhomah, menyerukan kebaikan kepada sesama melalui media penyiaran.

Wapres Ma’ruf Amin menyebut, media menjadi salah satu instrumen yang efektif untuk menebarkan kebaikan, seperti ajakan untuk mempraktikkan toleransi, saling menghargai, sekaligus seruan untuk menjaga kerukunan dan meneguhkan persatuan antarumat beragama.

Wapres menyadari peran media yang sangat vital dalam pembentukan karakter bangsa. Oleh karena itu, Ia meminta media dan seluruh pihak yang terlibat dalam produksi dan tata kelola penyiaran untuk memastikan unsur-unsur kebaikan dan ajakan menjaga persatuan dalam materi siarannya.

“Sampaikan pesan-pesan baik ini dengan cara yang baik pula. Tayangan yang dikemas dengan cara santun dan menyejukkan, insya Allah akan lebih mudah dipahami dan sampai ke hati para pendengarnya,” pesannya.

Wapres memberikan apresiasi terhadap KPI dan MUI, serta kepada lembaga-lembaga yang menerima Anugerah Syiar Ramadan 2024. Ia berharap melalui penyiaran nasional yang sehat, lahirlah generasi bangsa yang berkualitas.

“Harapannya, akan lahir persaingan sehat di antara media, dalam menyuguhkan siaran yang tidak hanya digemari masyarakat, tetapi juga mencerdaskan, membangun pemikiran kritis, mencontohkan akhlak yang mulia, serta mengajak untuk menjaga kerukunan dan memperkuat persatuan bangsa,” pungkas Wapres.

Sejalan dengan Wapres, sebelumnya Ketua MUI K.H. Anwar Iskandar menyampaikan bahwa penghargaan yang diterima lembaga penyiaran tersebut diharapkan mampu menginspirasi keberlangsungan program yang bernilai kebaikan pada bulan-bulan lainnya.

“Penghargaan itu tentu diiringi dengan sebuah harapan bahwa menyiarkan program kebaikan seperti bulan Ramadan yang lalu, bagaimana dilanjutkan pada sebelas bulan berikutnya. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat tidak terkontaminasi oleh informasi yang tidak baik dan tidak bertanggung jawab,” urainya.

Sementara itu, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat Ubaidillah menilai berbagai siaran TV dan radio selama Ramadan dapat mempersatukan peserta Pemilu yang berkontestasi.

"Tentunya tayangan yang ada di TV maupun radio selama Ramadan tahun ini telah ikut menyatukan, mempersatukan bahwa seluruh anak bangsa yang berkontestasi di event Pileg, Pilpres bisa bersama-sama," ujarnya.

RELATED ARTICLE

Musik Asli Indonesia

Gd. Granadi Lt.4 Sayap Selatan
Jl. HR. Rasuna Said Blok XI Kav. 8-9
Kuningan, Jakarta Selatan.
Office : (021) 5296.1417
Marketing : +62 816781583
Wa Studio : +62 811991034


PENCARIAN
PARTNER KAMI